Inilah Potensi Prestasi untuk Generasi Maju

Setiap orang tua tentunya menginginkan anaknya berprestasi dan menjadi generasi maju penerus bangsa. Di mana mereka nantinya akan memiliki kesempatan untuk bisa meraih cita-cita dan kesuksesan di masa mendatang. Paling tidak, orang tua setidaknya berharap agar anak memiliki hidup atau masa depan yang lebih baik dibandingkan dengan kedua orang tuanya. Sebenarnya  terdapat beberapa potensi anak yang harus dimiliki agar mereka bisa menjadi anak generasi maju https://www.generasimaju.co.id/. Tentunya untuk menumbuhkan potensi tersbut dibutuhkan peran serta dukungan dari kedua orang tuanya.
Inilah beberapa potensi untuk menjadi Generasi Maju yang harus orang tua ketahui.


1. Tumbuh tinggi dan kuat
Tumbuh kembang yang terjadi pada anak mesti sesuai dengan tahapan usianya. Untuk mengetahuinya, anda bisa membandingkan tinggi dan berat mereka dengan melihat Kartu Menuju Sehat. Jika telah sesuai, berarti anak telah tumbuh tinggi dan kuat. Untuk memiliki potensi tumbuh tinggi dan kuat hingga bisa menjadi generasi maju, maka ibu bisa mengenalkan makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi seimbang. Penting juga untuk menstimulasi motorik kasar serta motorik halus pada anak.

2. Percaya diri
Percaya diri umumnya muncul di tiga tahun pertama pada usia anak. Bukan masalah anak senang tampil atau tidak tampil. Namun yang harus dipastikan apakah anak yakin terhadap kemampuan dirinya hingga bisa menjadi generasi maju. Percaya diri adalah ketika anak yakin terhadap apa yang mereka sampaikan dan yang ditampilkan. Untuk menimbulkan potensi percaya diri, maka bisa tumbuhkan hubungan timbal balik yang sehat. Ibu juga harus lebih sensitif menangkap hal yang dibutuhkan oleh anak, sehingga bisa merespon dengan tepat.

3. Cerdas kreatif
Cerdas adalah anak yang cepat menangkap dan mengerti, jadi ketika kita menyebutkan sesuatu, maka anak akan paham. Kreatif itu terutama adalah anak memiliki banyak ide, jadi dia punya ide-ide untuk bisa memecahkan masalah yang dia temui sehari-hari. Cerdas dan kreatif ini memang memiliki sedikit perbedaan, namun keduanya ada untuk saling melengkapi. Untuk menggali potensi cerdas dan kreatif hingga menciptakan generasi maju  dengan memberikan Anak kesempatan mengenal hal-hal baru untuk menambah wawasannya.

4. Mandiri
Mandiri merupakan bagaimana seorang anak bisa mengandalkan dirinya untuk melakukan hal-hal tertentu. Dalam hal ini, bukan berarti anak tidak boleh meminta bantuan dari orang lain. Namun, ketika mereka melakukan sesuatu, maka akan tahu bahwa mereka bisa melakukannya sendiri, karena untuk meminta bantuan adalah hal nomor 2 bagi anak. Potensi mandiri pada anak bida dikembangkan dengan memberikan kesempatan untuk melayani dirinya sendiri dan kesempatan untuk merawat diri sendiri misalnya mandi dan memakai baju sendiri.

5. Supel
Supel akan berkaitan tentang berbagai macam keterampilan sosial. Supel adalah ketika anak bisa mulai berteman, bekerja sama, bisa berbagi  dan sopan. Hal yang bisa dilakukan untuk menggali potensi supel hingga menjadi generasi maju  adalah dengan sering bertatapan mata, biarkan anak merasa nyaman dan terbiasa menatap mata orang lain. Ajak anak bermain bersama dengan anak-anak lain, baik sebaya atau lebih tua darinya. Serta seringlah mengajak anak mengobrol sehingga terbiasa berkomunikasi dengan orang lain.

Tentunya setiap anak memiliki potensinya masing-masing yang akan berbeda satu dengan yang lainnya. Untuk membentuk anak menjadi generasi maju tentunya dibutuhkan peranan orang tua dalam mendidik dan mengembangkan potensi anak. Beberapa potensi yang telah di jelaskan di atas memang baik untuk dimiliki oleh anak sehingga ia menjadi anak yang cerdas, aktif dan mandiri. Semua potensi yang ingin orang tua tumbuhkan pada anak tentunya juga harus diajarkan dengan sabar dan telaten pada anak.

Postingan terkait: